Pada
tugas Softskill kali ini saya akan membahas tentang materi yang terdapat pada
SAP pertemuan ke-3 yakni :
1. Ciri-ciri organisasi
2. Unsur-Unsur Organisasi
3. Teori Organisasi
·
CIRI-CIRI ORGANISASI
Adapun ciri-ciri dari organisasi
adalah :
1.
Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
2.
Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur
dari sekelompok orang)
3.
Adanya tujuan
4.
Adanya sasaran
5.
Adanya keterikatan format dan tata tertib yang
harus ditaati
6.
Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi
tugas-tugas
Menurut
Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai
berikut :
1. Formalitas,
merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis
daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan,
tujuan, strategi, dan seterusnya.
2. Hierarkhi,
merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang
yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki
kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa
pada organisasi tersebut.
3. Besarnya
dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak
anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung
(impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
Ada juga
yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain yang
behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:
1. Rumusan
batas-batas operasionalnya (organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan
diatas, organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan
keputusan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional
sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan
bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
2. Memiliki
identitas yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat
sekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas. Identitas berkaitan dengan
informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, maupun tempat
organisasi itu berdiri, dan lain sebagainya.
3. Keanggotaan
formal, status dan peran. Pada setiap anggotanya memiliki peran
serta tugas masing masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati
bersama.
·
UNSUR-UNSUR
ORGANISASI
Unsur - Unsur Organisasi :
1. Manusia (Man).
2. Kerjasama.
3. Tujuan Bersama.
4. Peralatan (Equipment).
5. Lingkungan.
6. Kekayaan alam.
7. Kerangka/Konstruksi mental
Secara garis besar organisasi
mempunyai tiga unsur yaitu :
1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.
·
TEORI
ORGANISASI
Teori
organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan
bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di
dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka.
Teori
organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau
pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih
berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Masalah adalah segala
sesuatu yang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kepentingan organisasi
yang memerlukan pemecahan dan pengambilan keputusan.
Ada
banyak masalah yang dihadapi organisasi (kompleks) dan memerlukan pemecahan
tersendiri sehingga muncul berbagai kajian untuk lebih memahami efektivitas
organisasi Teori organisasi Muncul pada abad 19 dilatarbelakangi oleh Revolusi
Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.
Teori
Organisasi :
1. Teori
Organisasi Klasik (Teori Tradisonal)
a.
Teori Birokrasi.
b.
Teori Administrasi.
c.
Manajemen Ilmiah.
2. Teori
Neoklasik (Teori hubungan antar manusiawi)
Yaitu
teori hubungan antar manusiawi yang menekankan pentingnya aspek psikologis dan
sosial karyawan.
3. Teori
Organisasi Modern
Teori
organisasi modern adalah semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan
saling ketergantungan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar