Selasa, 30 April 2013

MASALAH EKONOMI

Fariz Nurriza Pratama
12111716
2KA16

Pada tugas kali ini saya akan menjelaskan secara garis besar mengenai masalah ekonomi. Sesuai arahan dari dosen saya mengutip materi yang telah diberikan oleh dosen.

 
Masalah Ekonomi (Resume)
Masalah ekonomi merupakan masalah-masalah yang umum dijumpai sehari-hari, mulai dari yang kecil hingga yang cakupannya cukup luas.

Contoh masalah-masalah ekonomi :
- pemenuhan kebutuhan untuk biaya perkuliahan
- global warming, polusi udara ( membuat sebagian masyarakat membeli masker sebagai kebutuhan )
- krisis air yang membuat segala kebutuhan atas air mrnjadi berbayar ( PAM, air mineral )

Masalah ekonomi harus memiliki keputusan yang tepat, apabila keputusan yang diambil tidak tepat untuk pemecahan masalah ekonomi, bukannya menyelesaikan masalah ekonomi justru yang terjadi adalah menambah masalah ekonomi, bahkan besar kemungkinan berdampak negatif.
Masalah Ekonomi
1. Masalah Kemiskinan
Hal-hal yang menyebabkan masalah kemiskinan antara lain :
- SDM yang rendah
- Mutu pendidikan yang rendah
- Sempitnya lapangan pekerjaan
- Pendapatan rendah
- Biaya hidup yang tinggi
Bahkan untuk ukuran negara seperti Inggris sekalipun pernah mengalami masalah kemiskinan. Dimana hampir seluruh penduduknya tidak memiliki pekerjaan, namun negara tersebut memilih jalan pemecahan masalah ekonomi yang tidak tepat, yakni memaksa anak-anak dan remaja dibawah umur pada masa itu untuk bekerja dengan upah minimum, dengan kata lain mengeksploitasi sumber tenaga kerja dibawah umur. Tentu saja hal ini mendapat pertentangan keras dari negara-negara lain. 
Berbeda dengan kasus kemiskinan di Indonesia sendiri. Saat pergantian pemimpin negara pada masa orde baru, perekonomian negara Indonesia sangat lemah.
Berikut ini merupakan tahapan-tahapan pembangunan yang dikemukakan oleh Rostow:
- Ekonomi tradisional
- Pertanian
- Pertumbuhan/Industri
- Take Off/ tinggal landas
2. Masalah Kependudukan
Masalah ini sudah sangat umum dipelajari bahkan ketika di sekolah dasar, bahwa penduduk Indonesia merupakan bagian dari 5 besar penduduk terpadat di dunia.
Berikut ini merupakan beberapa solusi dari masalah kepadatan penduduk :

- Menunda pernikahan
- KB
- Pemerataan penduduk di tiap wilayah
3. Masalah Pengangguran
Negara Indonesia melahirkan setidaknya 12 juta pengangguran di setiap tahunnya. Perbandingan penduduk yang memiliki pekerjaan dan penduduk yang menganggur adalah 1 : 6. Hal ini berarti per satu orang penduduk yang bekerja harus menanggung biaya hidup 6 orang lainnya yang tidak memiliki penghasilan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar